translate this blog

Google Translate to Chinese Google Translate to French  Google Translate to German Google Translate to Italian Google Translate to Japanese Google Translate to Korean Google Translate to Russian Google Translate to English Powered By

Monday, March 12, 2012

Pshycology of Bears Market


Ketika Bears mendominasi market, MAJOR TRENDLINE adalah Downtrend. Trendline Inilah yang harus pegang dan kita ikuti agar kita aman dalam pertempuran di Market,  supaya kita bisa memahami Psikology Bear, mari kita perhatikan pola pembentukan candle nya. 

umumnya pada candle Bears terdapat ekor atas, ini menandakan desakan Bulls yang menginginkan harga naik yang terjadi pada saat pembukaan. Bulls akan mendesak sampai titik terjauh mendekati Resistance namun ketika mencapai puncak, kekuatannya akan melemah ditandai berjalan sideways (konsolidasi).  Pola ini kadang kita abaikan, karna terlalu setia dengan Jendral Bulls dan berharap harga terus naik.

Ketika Bears menolak konsolidasi, tiba-tiba Bears melakukan serangan balik dengan agresif sebagai tanda pada candlestick membentuk Shooting Star (ekor atas lebih tinggi dari body). Ekor atas merepresentasikan pasukan Bulls mati akibat serangan Bears. 

Jika kita amati pada TF pendek, secara Psikology Market, ekor atas yang panjang pada Shooting Star menandakan minat Bears sangat kuat, ini sebagai awal perubahan dari Trendline sebelumnya pada saat pembukaan UPTREND menjadi DOWNTREND sehingga Shooting Star dikenal sebagai tanda pembalikan arah.

Bagi smart investror yang bermain di saham Internasional atau commodity (emas, minyak), forex bisa memainkan 2 posisi. Ini menjadi momentum yang tepat untuk Short  Sell.

Strategy Short Sell di puncak ditandai adanya serangan balik Bears yang sangat agresif ingin menguasai benteng pertahanan Bulls,  pada cerminan candlestick : candle Bears yang terbentuk lebih tinggi dari candle Bulls sebelumnya sebagai konfirmasi Short Sell. Untuk lebih jelasnya lihat pada Gbr. Strategy to Win The Battle in The Market.

By Smart Investor's

No comments:

Post a Comment